Minggu, 01 Januari 2017

pengantar manajemen

PENGANTAR MANAJEMEN


pengantar manajemen

manajemen merupakan seni dan ilmu perncaan,pengorganisasian,pengarahaan,pemotivasian,dan pengendalian terhadap orang lain dan mekanisme kerja untuk
mencapai suatu tujuan

Elemen dasar manajemen
    1.sifat manajemen
       - seni adalah suatu keahlian,kemahiran,kemampuan,dan keterlampilan
         dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan.
       - ilmu adalah akumulasi pengetahuan yang telah disistimasikan dan
         organisir untuk mencapai kebenaran umum.

    2. fungsi
          manajemenn secara umum yaitu :
          planning(perencanaan),organizing(pengorganisasian),actuanting(penggerak)
          dan controling.

   3. sasaran
        - man
        - money
        - machine
        - material
        - methode
        - market


manajemen dan manajer 
a. pengertian manajer
           setiap orang yang mempunyai tanggung jawab  atas bawahan
           dan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainya.

manajer diklasifikasikan menjadi 2 yaitu :
   1.menurut tingkatannya :
        * tinggi ( Top manajer)
        * menengah ( middle manajer )
        * bawah ( lower manajer )


Managerial skills
        - Technical
           keahliaan yang diperlukan untuk menyelesaikan atau memahami jenis kerja
           tertentu yang dilaksanakan dalam suatu organisasi.
        - Interpesonal
          kemempuan untuk memahami memotivasi dan berkomunikasi
          dengan induvidu maupun kelompok.
        - Conceptual
           kemampuan untuk memahami memandang organisasi sebagai satu
           kesatuan
        - Diagnostic
          keahian untuk memvisualisasikan jawaban yang paling sesuai
          untuk situasi tertentu.
        - Communication
          kemampuan manajer untuk mengirimkan ide dan informasi
          secara efektip kepada orang lain dan menerima ide dan informasi
          dari orang lain.
        - Derecision-Making
          kemampuan manajer untuk mengenali dan medefinisikan masalh
          dengan benar kemudian menentukan suatu tindakan
          untuk memecahakn masalah tersebut.
        - Time-Management
          keahlian manajer untuk memprioritaskan penerjaan mengendalikan
          waktu bekerja seccara efisien.

Tugas Manajer 
   1.Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain
   2.Manajer memadukan dan menyeimbakan tujuan-tujuan yang saling
      betentangan dan menetapkan prioritas-prioritas.
   3.Manajer bertanggung jawab dan mempertanggungjawabkan
   4.Manajer harus berpikir secara analisis dan koseptual

Lingkungan Manajer
1.Organisasi dan lingkungan 
2.Lingkungan internal organnisasi 
3.Linkungan eksternal organisasi

Perencaan ( Planning )
      a.Arti perencanaan :
             keseluruhan proses pemikimikiran dan penentuan
             secara matang dari hal-hal yang dikerjakan dimassa yang
             akan datang,dalam rangkaian pencapaian tujuan.
     b.Funsi perencaan:
             yakni  memilih arah yang paling tepat untuk mencapai
             hasil yang optimal.
     c.Mengapa perencanaan harus dibuat:
             - setiap kita hendak mencapai tujuan  dengan baik,berhasil
               dan berdaya guna,maka fungsi perencanaan menjadi penting.
             - tahapan kegiatan yang akan kita lakukan perlu ditetapkan atau
               direncanakan
             - untuk menetapkan disiplin
     d.Syarat perencanaan
             1.apa saja yang mau dilakukan
             2.kapan dilaksanakan
             3.dimana dilaksanakan
       
    e.Syarat untuk merencanakan suatu prograam
             1.mengenali dan mengerti kebutuhan yang akan direncanakan
             2.lingkungan yang mendukung
             3.waktu yang memungkinkan

Langkah-langkah pembuatan perencanaan

            1.penguasaan terhadap masalah yang hendak direncanakan.
            2.tetapkan tujuan
            3.menetapkan sasaran
            4.menyusunn anggaran belanjae program
            5.pengendalian dan penilaian

Pengorganisasian ( organizing )

         a. pengentian organisasi
             dari bahasa yunani organon dan istilah latin organum yang berarti
             alat,bagian,anggota atau badan
         b. ciri-ciri organisasi
                    a. adanya orang / kelompok
                    b. kerjasama
                    c. tujuan yang ingin dicapai
          c. macam-macam organisasi
                     1.organisasi formal
                              suatu sistem ketja sama yang dilakukan  oleh dua orang
                              atau lebih dan dikoordinasikan dengan sadar untuk
                              mencapai tujuan.
                     2. organisasi informal
                              kumpulan hubungan atar perorangan tampa rujuan bersama
                              yang disadari meski pada akhirnya untuk tujuan bersama.
        d. bentuk  organisasi
                      a. organisasi garis
                      b. organisasi fungsional
                      c. organisasi garis dan shaf
                      d. organisasi fungsional dan shaf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar